belajar mural

Cara Melukis Mural: Panduan Langkah-demi-Langkah

Baik di dalam maupun di luar ruangan, mural menambah warna dan kehidupan ke ruang pribadi dan publik. Di dalam ruangan, mereka adalah alternatif yang menyenangkan untuk wallpaper dan dapat membawa cahaya, kehangatan, atau kesenangan ke sebuah ruangan. Di luar ruangan, mural juga dapat meningkatkan ruang gelap atau terbengkalai atau bahkan menjadi titik fokus suatu lingkungan.

Mural juga bisa menjadi proyek yang sangat memuaskan bagi seniman (dan seniman pemula) yang ingin melihat karya mereka dalam skala besar. Anda tidak harus menjadi seorang profesional untuk mencoba melukis mural, tetapi ada baiknya untuk memiliki banyak pengalaman melukis atau mengilustrasikan dan merasa nyaman menggambar desain Anda dan bekerja dengan cat.

Jika Anda belum pernah mengambil kuas sebelumnya, kami sarankan untuk memulai dari kanvas yang lebih kecil ! Tetapi jika Anda sedang mencari inspirasi dan tips tentang cara melukis mural dinding, kami siap membantu Anda. Berikut cara melukis mural di dinding langkah demi langkah.

Cara Melukis Mural

Mempelajari cara melukis mural dinding bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melatih seni Anda di luar ruangan.

Sementara beberapa prinsip lukisan mural adalah sama apakah Anda sedang mengerjakan dinding dalam ruangan atau luar ruangan, penting juga untuk mempertimbangkan persyaratan unik dari setiap lokasi.

Jika Anda mempelajari cara melukis mural di dinding kamar tidur atau kanvas interior lainnya, Anda harus mempertimbangkan persyaratan ruang itu. Jika Anda mengecat dinding di ruangan kecil yang gelap, Anda mungkin ingin melukis mural yang menambahkan cahaya dan kecerahan, menghindari warna yang membuat ruangan tampak lebih kecil dan lebih gelap.

Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana ruang itu digunakan, dan elemen lain apa yang ada di ruangan itu. Jika Anda sedang mengecat dinding ruang tamu, pertimbangkan bagaimana mural akan terlihat saat dipadati sofa, rak buku, dan TV. Atau, jika Anda sedang mengecat dinding di kafe, apakah desain Anda akan menarik bagi pelanggan?

Jika Anda akan mengecat mural di luar ruangan, Anda harus mempertimbangkan cuaca dan faktor lain yang mungkin memengaruhi berapa lama karya seni Anda bertahan. Menggunakan matahari dan cat tahan cuaca merupakan langkah penting, tetapi mural di tempat-tempat dengan lalu lintas pejalan kaki yang padat atau terkena elemen keras, polusi, atau asap knalpot dapat berubah warna dan menjadi lebih cepat tua.

Apa pun yang Anda lukis, Anda memerlukan konsep yang kuat dan beberapa sketsa awal sebelum mengecat dinding apa pun. Itu selalu cerdas untuk berlatih dan membuat desain dalam skala yang lebih kecil terlebih dahulu.

Untuk melukis mural di dalam atau di luar, Anda perlu:

  • Kuas (dan roller, opsional)
  • cat
  • Kain lap/handuk kertas
  • Ember air untuk sikat pembersih
  • Tali untuk mengukur atau menggunakan sebagai pedoman
  • Anak tangga

Untuk melukis mural apa pun, Anda memerlukan berbagai kuas — kuas yang lebih besar dan kuas detail yang lebih kecil di kedua kuas bermata datar dan berujung pahat berguna. Kuas yang berbeda diperlukan untuk cat lateks enamel dan akrilik. Anda mungkin juga memerlukan rol spons (dan baki cat) untuk menutupi permukaan yang lebih besar dengan satu warna.

Cat yang Anda gunakan tergantung pada apakah mural Anda di dalam atau di luar. Jika di dalam, cat apa pun yang bisa Anda dapatkan dari toko perangkat keras (apakah lateks atau berbahan dasar air) sangat ideal karena tidak mahal. Jika Anda mengecat area yang membutuhkan lebih banyak perawatan, seperti dinding kamar mandi atau dapur, cat enamel mungkin lebih disukai karena memiliki hasil akhir yang mengkilap.

Untuk mural luar ruangan, Anda akan membutuhkan cat tahan air dan tahan cuaca yang tahan lama yang sesuai untuk jenis dinding, seperti cat lateks akrilik yang cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Jika Anda merasa nyaman dengan kaleng semprot, Anda juga bisa menggunakan cat semprot untuk mural dalam dan luar ruangan.

Jika menggunakannya di dalam ruangan, pastikan ruangan berventilasi baik, dan di kedua lokasi, kenakan masker untuk mencegah menghirup cat. Cat semprot memungkinkan pencampuran yang baik tetapi tidak dapat menutupi banyak area dinding, sehingga menghasilkan banyak limbah.

Dinding beton atau bata adalah permukaan yang paling umum untuk melihat mural luar ruangan, tetapi Anda mungkin juga ingin mengecatnya pada logam (seperti pintu garasi) atau dinding kayu . Anda bahkan mungkin perlu tahu cara melukis mural di pagar kayu. Sementara dinding beton dan bata cocok untuk hampir semua jenis cat, dinding logam atau kayu sedikit lebih rumit, dan penting untuk mencari cat yang cocok untuk permukaan ini.

Jika desain Anda membutuhkan cat metalik atau cat khusus lainnya, ketahuilah bahwa ini bisa lebih mahal, tetapi Anda bisa mendapatkannya di bak yang lebih kecil.

Karena itu, jika Anda memiliki anggaran terbatas, pertimbangkan jenis cat yang Anda perlukan ke dalam desain Anda. Mungkin bukan ide yang bagus untuk merencanakan mengecat matahari metalik yang sangat besar dan berkilauan dengan cat enamel jika Anda mencoba menekan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.