Cara melukis mural

Tahapan dan Cara Melukis Mural untuk pemula

Pelajari cara melukis mural di akrilik! Halaman-halaman ini akan mencakup semua pertanyaan umum yang mungkin Anda miliki jika Anda ingin melukis mural dalam ruangan, seperti:

Jenis cat apa yang digunakan untuk mural dalam ruangan?

Saat Anda melukis mural, Anda akan memiliki dua tahap melukis yang berbeda, sama seperti ketika Anda melukis di atas kanvas: pertama Anda akan membuat lukisan bawah untuk memblokir area utama warna dan menguraikan komposisi umum, dan kemudian Anda akan melukis secara rinci .

Untuk anda yang belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai melukis mural.

Untuk mengecat balok warna besar (seperti hamparan langit biru, perbukitan hijau, dll), gunakan cat interior rumah tangga , juga dikenal sebagai cat lateks . Ini adalah jenis cat yang biasa Anda gunakan untuk mengecat dinding.

Melukis balok besar warna dengan cat lateks lebih ekonomis daripada mencoba menutupi seluruh dinding dengan akrilik kualitas artis yang Anda beli dari toko perlengkapan seni. Anda akan mendapatkan cakupan yang lebih baik dari cat interior rumah tangga dan menghemat banyak uang sementara itu saat Anda belajar cara melukis mural.

Liquitex Soft Body Acrylics

Cat interior rumah tangga hadir dalam empat kemilau yang berbeda: datar, kulit telur, satin dan semi-gloss. Sebuah kemilau kulit telur yang terbaik bagi mural. Jauhi kemilau satin atau semi-gloss, karena akan terlalu mengkilat. Kilau datar juga bukan pilihan terbaik karena tidak bisa digosok. Kulit telur, bagaimanapun, tepat, karena dapat dibersihkan dan dapat dengan aman menerima lapisan cat di atasnya.

Untuk menangani pekerjaan mendetail pada mural Anda , gunakan tabung dan stoples akrilik berkualitas seniman Anda dan lanjutkan seolah-olah Anda sedang melukis di atas kanvas. Sebagian besar merek akrilik akan bekerja dengan baik untuk lukisan mural dalam ruangan, tetapi merek yang paling direkomendasikan adalah Liquitex Soft Body Acrylics  (ini tautan ke Blick Art Materials, dan jika Anda melakukan pembelian, saya mendapat komisi kecil yang membantu mendukung situs ini ) ,  meskipun Cat Liquitex Heavy Body juga bagus.

Liquitex Soft Body Acrylics menempel dengan baik pada dinding yang terbuat dari beton, plester atau semen, karena alkalinitas kimia dari cat. Jika Anda sedang belajar melukis mural, menggunakan merek terbaik akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

Bahan lain yang Anda perlukan untuk melukis mural

Kuas Cat

Anda akan membutuhkan berbagai macam kuas, dari yang kecil hingga yang lebar. Ukuran yang Anda perlukan sangat bergantung pada jumlah detail yang akan Anda lukis. Untuk menutupi area yang luas dengan cat, ambil beberapa kuas lebar. Dapatkan setidaknya kuas lebar 1″, 2″ dan 3″. Anda dapat membeli kuas yang lebih lebar, seperti  4″, jika Anda memiliki banyak ruang yang ingin Anda isi dengan cepat dengan satu warna.

Untuk area detail yang lebih kecil, gunakan rangkaian kuas bulat dalam berbagai ukuran. Anda dapat menggunakan kuas yang sama dengan yang Anda gunakan saat melukis kuda-kuda. Setelah Anda mempelajari cara melukis mural untuk pertama kalinya, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang ukuran kuas yang Anda perlukan di masa mendatang.

Gel Medium

Liquitex Ultra Matte Gel atau Matte Gel Medium – Kedua produk ini opsional, tetapi berguna karena dapat membantu memperluas cakupan yang bisa Anda dapatkan dengan cat Liquitex Acrylic Anda. Campurkan cat akrilik Anda dengan Ultra Matte Gel atau Matte Gel Medium dalam jumlah yang sama untuk menggandakan cakupan cat Anda. Teknik ini disarankan untuk underpainting saja. Untuk detail lapisan atas, gunakan untuk akrilik tanpa extender ini.

Primer

Sama seperti Anda akan melapisi kanvas sebelum melukis di atasnya, Anda harus melapisi dinding sebelum melukis mural. Primer akan menciptakan permukaan yang halus dan rata yang siap menerima cat akrilik.

Baki Cat dan Roller

Jika Anda akan menutupi area yang sangat luas dengan satu warna, pertimbangkan untuk menuangkan cat ke dalam baki cat dan menggunakan roller untuk mengoleskan cat ke dinding. Ini akan menghemat banyak waktu saat Anda mempelajari cara melukis mural, karena menggulung cat jauh lebih cepat daripada menyikat cat dengan kuas.

Pita Pelukis

Anda akan membutuhkan selotip untuk menempelkan penutup pelindung di lantai. Pita yang paling baik digunakan adalah selotip pelukis, karena akan mudah dilepas dan tidak meninggalkan residu pada alas tiang.

Palet

Setelah Anda siap untuk mengecat detailnya, Anda memerlukan palet untuk mencampur cat dan melakukan pencampuran warna.

Koran atau Kain Drop Plastik

Sebarkan koran atau terpal plastik di seluruh lantai tempat Anda akan mengecat, dan gunakan selotip untuk mengamankan koran atau terpal ke tepi bawah alas tiang. Ini akan memastikan bahwa penutup pelindung tidak bergerak atau tergelincir saat Anda berjalan di atasnya.

Celemek , smock, atau pakaian lama

Saat Anda mempelajari cara melukis mural, Anda akan menemukan bahwa lukisan dinding itu berantakan! Pastikan untuk berpakaian dengan tepat atau memakai perlindungan yang tepat!

Cangkir untuk air

Anda membutuhkan cangkir yang kokoh untuk menampung air yang akan digunakan untuk mencelupkan kuas Anda untuk membilas dan membersihkannya. Berhati-hatilah untuk menyimpan air di tempat yang tidak mudah terbentur dan tumpah.

Sebotol atau secangkir air bersih

Berikut adalah tip penting bagi orang yang melukis mural: Selain air untuk kuas Anda, sebotol air bersih terpisah berguna untuk tetap siaga. Dengan begitu jika Anda tidak sengaja menumpahkan cat ke karpet, Anda bisa langsung membersihkannya dengan air bersih.

Handuk kertas dan/atau lap bekas

Handuk kertas dan lap bekas sangat penting untuk membersihkan tumpahan yang tiba-tiba dan kecelakaan yang berantakan.

Sabun sikat

Anda membutuhkan bahan pembersih untuk kuas Anda. Saat melukis dengan akrilik, sabun sikat biasanya sudah cukup. Untuk membersihkan kuas lebar yang mungkin Anda gunakan untuk mengaplikasikan cat lateks rumah tangga ke dinding, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *